Minggu, 15 November 2015

Sekat Transparan untuk Rumah dengan Luas Terbatas


Sekat Transparan untuk Rumah dengan Luas Terbatas


Bila rumah memiliki luas yang terbatas, membagi ruang menjadi pekerjaan yang sangat penting. Tidak menutup kemungkinan, satu ruang digunakan untuk dua fungsi yang berbeda. Untuk memisahkannya, kedua ruangan tersebut akan membutuhkan partisi atau sekat. Namun, membuat sekat permanen, seperti tembok dapat menambah masalah di rumah. Kenapa? Karena sekat itu justru akan membuat ruang terasa sempit, penuh, dan sesak.
Karena itu, carilah alternatif lain untuk mendesain sebuah sekat. Sekat sejatinya tidak harus dengan tembok, benda lain dapat bisa digunakan. Cara paling mudah dan sederhana ialah dengan menghadirkan tirai, tidak memakan banyak space dan kedua ruang pun terpisah. Bila ingin lebih berkreasi, letakkan rak buku, ambalan, atau lemari di batas kedua ruang. Rak tersebut dapat menjadi area display dan di saat bersamaan berperan sebagai penyekat. Keuntungan lain, benda-benda yang dipajang dapat menghias dan mempercantik ruangan.
Dengan begitu, fungsi sekat pun tidak hanya sebagai pemisah antarruang, tetapi juga untuk mempermanis tampilan ruang. Bila menempatkan rak dengan tujuan seperti itu, cukup letakkan barang secukupnya dan sebisa mungkin pilihlah benda dengan bentuk atau warna menarik yang dapat mendukung tampilan ruangan. Dengan kata lain, jadkan rak tersebut sebagai sekat transparan.
Tentu saja, sekat tersebut tidak sepenuhnya menutupi keseluruhan pandangan pada suatu ruang. Namun, kehadirannya sudah cukup sebagai penanda bedanya dua ruang di rumah. Dengan cara seperti itu juga, ruangan dapat terasa lebih lega dan tidak sesak dengan banyaknya barang yang diletakkan sehingga masih bisa “bernapas”.
Foto: Ifran N.

sumber : http://majalahasri.com/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

komentar adalah bagian dari iman

INIKAH YANG ANDA TANYAKAN?

DESIGN KEREN