Jumat, 06 November 2015

Hadirkan Nuansa Alam di Kamar Mandi

Archimedes menemukan gagasan terbaiknya saat berendam. Para pekerja kreatif pun kerap mendapatkan ide-ide cemerlang ketika berada di kamar mandi. Entah saat termenung duduk di kloset atau mengguyur tubuh dengan air.
Ini hal yang bisa dijelaskan. Suasana kamar mandi kerap membuat tubuh jadi rileks. Apalagi jika tubuh terguyur air dari pancuran. Otak dialiri energi alfa. Saat rileks inilah, gagasan akan berlompatan keluar.
Pertanyaannya, bagaimana menciptakan suasana kamar mandi yang nyaman dan membuat rileks? Banyak cara, salah satunya adalah dengan menghadirkan nuansa alam. Elemen alam seperti tanaman, matahari, bebatuan, atau air bisa Anda kombinasikan. Anda tak sekadar bisa menikmati elemen visual, tapi sekaligus pengalaman akustik selama mandi.
Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk hadirkan nuansa alam di kamar mandi.

Desain Zen
Nuansa alam di kamar mandi
Zen adalah praktik spiritual Buddha yang menyoroti hubungan antara manusia dan alam. Desain interior Zen berupaya untuk menciptakan suasana rumah yang damai, menggugah, terlihat indah tanpa perlu dipermak secara berlebihan. Elemen Zen biasanya berkarakter alamiah, terbuka, terang, sederhana, tenang, lurus, murni, dan mengedepankan kualitas tinimbang kuantitas. Anda bisa menghadirkan elemen-elemen ini di kamar mandi. Air, udara, bebatuan, cahaya, tetumbuhan, dan kekayuan adalah beberapa di antaranya.

Gunakan Kaca
Nuansa alam di kamar mandi
Jika sekeliling rumah Anda memiliki taman atau pemandangan alam yang indah, desainlah kamar mandi yang menghadap langsung ke luar. Lantas, Anda pasang kaca lebar sebagai pengganti salah satu dinding. Ini tidak hanya membuat kamar mandi Anda terasa lapang. Kamar mandi Anda pun akan berlimpah cahaya natural yang berasal dari luar. Jika dindingnya dibuka, udara segar akan mengalir masuk.

Pasang Palet
Nuansa alam di kamar mandi
Jika tidak memungkinkan merombak kamar mandi, Anda bisa memasang palet dengan corak bebatuan, kekayuan, atau besi di dinding. Palet ini akan menghasilkan efek visual yang simpel dan alami.

Letakkan Tanaman
Nuansa alam di kamar mandi
Anda juga menghadirkan nuansa alam di kamar mandi dengan meletakkan tanaman anggrek yang meliuk-liuk atau beberapa batang bambu muda pada kotak kaca dengan dasar bebatuan. Atau pada salah satu dinding, Anda bisa membikin taman vertikal. Tujuannya tak lain untuk menciptakan nuansa tenang dan hening di dalam kamar mandi.

Tata Bebatuan
Nuansa alam di kamar mandi
Selain kaca, palet, dan tanaman, Anda bisa memaksimalkan fungsi bebatuan alam. Batu-batu alam ini Anda tata di lantai sekitar pancuran, di sekeliling bath tub, atau letakkan saja di bak cuci atau bawah keran. Elemen kecil ini akan menghidupkan kamar mandi Anda.

sumber : http://rooang.com/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

komentar adalah bagian dari iman

INIKAH YANG ANDA TANYAKAN?

DESIGN KEREN