Kamis, 15 Oktober 2015

Membangun Rumah Pohon

Beraktivitas bersama keluarga penuh petualangan menyenangkan dan dekat dengan alam pastinya akan menjadi moment yang tidak terlupakan. 

Jika halaman rumah Anda cukup luas dan ada pohon di sana, mengapa tidak Anda coba membangun rumah pohon? 

Membangun rumah pohon pastinya akan menjadi saat-saat yang menyenangkan penuh kegembiraan karena bisa Anda lakukan bersama anggota keluarga yang lain dan bisa digunakan bersama-sama pula. Untuk membangun rumah pohon tidaklah sulit. 

Berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan:

  1. Pilih Pohon
    Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan atau memilih pohon yang tepat. Pilih pohon yang besar, kokoh dan cukup tinggi. Pastikan pohon yang Anda pilih tidak berdekatan dengan pohon lain yang menjadi penghalang.

    Pohon yang Anda pilih juga harus memiliki daun yang selalu tumbuh lebat dalam segala musim agar rumah yang Anda bangun bisa selalu nyaman ditempati kapanpun.

     
  2. Buat Desain dan Konsep Rumah Pohon
    Setelah menentukan pohon yang pas, selanjutnya buatlah desain rumah
  3. pohon yang Anda inginkan. Sesuaikan desain dan konsep rumah dengan kondisi pohon.

    Perhitungkan besar, ukuran, dan tinggi rumah sesuai dengan kondisi pohon. Jika memang dirasa ada beberapa cabang yang mengganggu Anda boleh memotong cabang tersebut. Namun, tetap pastikan pemotongan cabang tersebut tidak mempengaruhi kekuatan pohon.


    Ingat jangan mengandalkan kekuatan cabang atau batang utama saja. Jika Anda memang ingin membangun yang rumah pohon kuat dan kokoh, buat penahan beban atau konstruksi lain dari kayu. Namun, tidak menutup kemungkinan Anda juga bisa memilih bahan baja atau beton bertulang untuk kontruksi.


     
  4. Material Rumah Pohon
    Pilih material kayu untuk bahan membangun rumah pohon. Kayu cocok dipilih karena ringan dan mudah dibentuk menjadi rumah. Supaya rumah awet, pilihlah kayu berkualitas tinggi yang cukup lentur dan kuat menghadapi perubahan musim. Agar kayu rumah tidak diserang rayap sebelumnya lapisi dulu dengan lapisan anti rayap dan jamur.
     
  5. Tangga Akses dan Finishing
    Setelah kontruksi selesai di pasang, buatlah tangga sebagai akses masuk. Tangga ini akan memudahkan proses pembangunan rumah pohon. Jika tangga sudah siap, lanjutkan dengan membuat lantai rumah dan baru memasang dinding serta atap sesuai desain Anda.

    Supaya konstruksi rumah lebih kokoh, dukung dengan menggunakan lantai besi yang diikatkan dengan cabang pohon lain yang berdekatan. Rumah di pohon milik Anda pun siap ditempati.
Manfaat Rumah Pohon
Banyak manfaat yang bisa didapat dari rumah pohon. Berkumpul bersama keluarga di dalam rumah yang di bangun di atas pohon tentu akan memberi sensasi tersendiri. Bersantai sambil menikmati pemandangan dari ketinggian pohon sambil sesekali memperhatikan daun-daun yang bergoyang tertiup angin dan burung yang terbang pasti sangat menyenangkan.

Ada fantasi tersendiri yang membuat bahagia. Cara ini pun cukup efektif untuk mendekatkan diri dengan alam. Secara tidak langsung bisa menjadi media mengajari anak untuk lebih cinta dan peduli dengan lingkungan dan beristirahat sejenak dari padatnya aktifivitas.

Jadi rumah pohon sebenarnya tidak hanya menjadi sarana bersantai atau bermain bagi anak-anak saja. Rumah di atas pohon yang Anda bangun bisa menjadi ruang privasi sendiri untuk Anda dan anggota keluarga yang lain. Memiliki rumah di atas pohon pun pastinya kelak bisa menjadi cerita manis untuk dikenang oleh Anda dan anak-anak saat mereka sudah tumbuh dewasa. Cukup menarik bukan?

              


sumber : www.rumahku.com
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

komentar adalah bagian dari iman

INIKAH YANG ANDA TANYAKAN?

DESIGN KEREN