Senin, 08 Februari 2016

Hal Menarik Seputar Tahun Baru China atau Imlek

prediksi-imlek-2016-tahun-monyet-api-af6
Bulan Februari telah tiba, tandanya sebagian besar etnis Tionghoa mulai mempersiapkan segala sesuatu untuk merayakan Imlek atau tahun baru China. Perayaan Imlek dimulai pada bulan pertama di hari pertama dan diakhiri dengan Cap Go Meh di tanggal ke lima belas ketika bulan purnama. Malam Imlek juga memiliki arti sebagai “Malam pergantian tahun”.
Menurut adat dan tradisi China sendiri perayaan tahun baru Imlek sangat beragam. Namun, umumnya setiap keluarga merayakan dengan perjamuan makan malam, berkumpul dengan keluarga serta menyalakan kembang api.
Perayaan tahun baru China atau Imlek menjadi salah satu perayaan tertua di dunia. Karena diyakini sudah dimulai sejak pertengahan abad ke -14 SM, sebagai bentuk perayaan atas kemenangan melawan Nian.
Menurut legenda, Nian merupakan seekor hewan jahat yang tampak lapar. Nian memakan hewan ternak juga anak – anak yang lemah. Kemudian para penduduk desa diminta untuk memakai pakaian merah dan memasang berbagai tanda – tanda merah, serta menyuarakan bunyi-bunyian yang keras agar Hewan tersebut keluar dari kandang ternak dan mudah untuk ditangkap. Hal tersebut kemudian menjadi ciri khas perayaan tahun baru china sampai saat ini. Namun, di beberapa daerah memiliki perbedaan ketika merayakan imlek.
Masih ada fakta – fakta menarik yang perlu kamu ketahui seputar tahun baru china, dan yang pastinya dapat menambah pengetahuan kamu.
Orang Tiongkok Tidak Merayakan Tahun Baru Pada 1 Januari
Mereka lebih fokus pada tanggalan tradisional berdasarkan kalender lunar yang jatuh pada periode 21 januari – 20 februari. Meskipun pada kalender nasional tanggal 1 januari dijadikan sebagai hari libur nasional.
Mereka Tidak Menyebut Imlek
Penduduk asli china tidak menyebut Tahun baru ini dengan Imlek, akan tetapi mereka terbiasa dengan menyebutnya dengan festival musim semi.
Setiap Tahun Punya Tema Hewan Yang Berbeda – Beda
Untuk mewakili setiap tahunnya orang tiongkok telah menggunakan zodiak sejak zaman kuno dan pastinya berhubungan dengan hewan. Dua belas zodiak tema hewan tersebut akan terus berputar ulang dalam siklus 12 tahun.
Dirayakan Sampai 15 Hari
Biasanya perayaan imlek bisa dirayakan hingga 15 hari. Perayaan ini biasanya berakhir pada saat valentine di pertengahan Februari dan dimulai dari tanggal 31 Januari.
Kalender Imlek Berubah Setiap Tahunnya
Berubahan tersebut di dasari atas pergerakan bulan, jadi awal tahun akan dimulai bila kemuculan bulan terlihat di tiongkok
Warna Merah Adalah Warna Keberuntungan
saat merayakan tahun baru china wajibkan mengenakan warna merah pada perayaan imlek apalagi bagi mereka yang lahir di tahun kuda, sangat diwajibkan. Warna merah harus digunakan ketika perayaan hingga selesai. Warna merah dipercaya membawa keberuntungan.
Barongsai Pengusir Roh Jahat Dan Hal Yang Negatif
Pasti timbul pertanyaan, kenapa selalu ada barongsai ketika perayaan imlek? Sebenarnya fungsi dari barongsai bukan semata – mata sebagai hiburan saja, akan tetapi memiliki makna lebih yaitu sebagai pengusir roh jahat dan hal – hal negatif.
fireworks (Small)
Petasan Diyakini Dapat Mengusir Roh Jahat
Dahulu kala, sebelum memakai petasan untuk merayakan malam tahun baru china, etnis tionghoa biasanya menggunakan batang bambu yang dibakar. Hal tersebut dilakukan untuk mengusir roh jahat, monster yang ingin mengacaukan perayaan malam tahun baru china.
Banyak Gula – Gula Atau Makanan Manis
Selain gula – gula, makanan manis lain seperti puding beras, manisan biasanya tersaji saat perayaan imlek tiba, baik sebelum dan sesudah perayaan.
Bersih – Bersih Di Tahun Baru China Keberuntungan Hilang
Pada saat tahun baru imlek sangat dilarang untuk mencuci pakaian dan bersih – bersih rumah. Hal tersebut dipercaya akan menghilangkan kemakmuran dan keberutungan. Selain itu, saat tahun baru china ada larangan untuk shampoan. Dalam tradisi tionghoa, shampoan di tahun baru akan menghilangkan keberuntungan juga.
Imlek-2016-5
Tidak Boleh Ada Angka 4 Dan Nilai Ganjil Pada Uang Angpao
Imlek kurang lengkap rasanya bila tanpa adanya angpao, apalagi angkpao paling dinanti oleh anak – anak dalam merayakan imlek. Dalam memasukan uang dalam amplop berwarna merah tidak bisa sembarangan karena ada beberapa yang perlu diperhatikan. Hal tersebut seperti tidak boleh ada angka 4, sebab dalam bahasa mandarin angka tersebut berarti kematian. Kemudian tidak boleh ganjil, karena ganjil identik dengan pemakaman.
Tidak Boleh Bersedih
Bila tidak ingin mengalami kesedihan sepanjang tahun, maka alangkah baiknya jika dalam merayakan imlek harus dengan perasaan suka cita.
Pacar Sewaan Buat Merayakan Imlek Bersama
Sekarang mulai bermunculan informasi tentang jasa yang menyediakan pacar sewaan. Dan biasanya para jomlo mulai mencari agen penyewaan pasangan untuk merayakan imlek bersama.
Begitulah sekelumit fakta menarik yang berhubungan dengan imlek. Mari kita raih keberuntungan di tahun baru ini.


sumber: http://www.fakta.web.id/
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

komentar adalah bagian dari iman