Senin, 04 Januari 2016

3 cara agar Rumah (Ruko) Tetap Dingin

Indonesia adalah negara yang beada di iklim tropis, mengenal 2 musim panas dan dingin. Saat musim panas, suhu udara di dalam rumah sangatlah terasa panas, apalagi saya tinggal di tengah2 kota. Begitu juga di kantor yang berada di ruko, hampir semua ruko yang berada di kota medan ini menggunakan AC. Seperti kita ketahui, AC adalah pendingin udara yang sangat tidak ramah lingkungan dan kesehatan, serta boros listrik dan uang.
Rumah tinggal di daerah pinggiran kota dan di dalam kota tentu saja berbeda suhu ruangnya, disini saya tidak membahas yang di pinggiran kota atau pedesaan, untuk itu saya coba mengambil contoh Rumah TOKO (RUKO) sebagai media yang pada umumnya berada di perkotaan.

 Berikut adalah Tips dancara agar rumah menjadi dingin/sejuk tanpa AC:

1. Posisi Jendela Ukuran Besar




Sirkulasi udara adalah hal yang sangat penting agar mendapatkan rumah dingin, untuk itu posisi jendela ssangatlah penting untuk memperlancar sirukulasi udara. pemasangan jendela sebaiknya dilakukan berhadapan dengan tujuan agar udara yang berhembus masuk akan langsung keluar melalui jendela yang lain nya, Alangkah baiknya jika jendela berhadapan dengan pintu utama. ini biasanya disebut ventilasi silang (cross ventilation )

Ruko pada umumnya berada di tepi jalan karena susuai fungsinya sebagai tempat usaha dan tinggal tentu saja tidak terlepas dari debu yang berterbangan, Karena itu, sebaiknya anda mengunakan tirai jendela anti debu magnetik, juga berfungsi sebagai anti nyamuk. atau biasa disebut tirai kelambu/kasa.

2. Tanaman Penghijau



Namanya juga Ruko, dimana mau menanam tanaman? paling juga di lantai atap (roof). Anda benar.. Green roof, itu namanya, yang artinya atap hijau. Untuk ruko berlantai 2 cor,  tentu saja atapnya akan terasa sangat tengah hari. ini salah satu faktor suhu ruang dibawahnya naik. jika tidak percaya, coba saja anda pegang lantai atap, heheh.. biasanya sebagian dari mereka menyiram nya dengan air. untuk di linkungan saya, sebagian menanam pohon cangkokan seperti mangga atau sawo.

Sebenarnya tanaman sejenis ini tidaklah baik karena pohon yang di cangkok memiliki daun yang sedikit dan tidak rimbun sehingga tidak dapat menghalang sinar matahari secara maksimal. malah kebalikannya, tanaman yang berdaun rimbun jika daunnya berguguran, kelihatan kotor dan dapat menyebabkan saluran pembuangan menjadi tersumbat.
 

3. Tinggi Rumah, Plafon dan Exhaust fan

Untuk sebuah ruko, minimal tinggi rumah haruslah 3m sampai 4,5m. Tujuan tinggi rumah agar tekanan udara cepat naik ke atas. Jika air menekan ke segala arah, lain pula dengan udara yang bergerak ke arah yang lebih tinggi. Semakin tinggi ruangan anda, maka semakin cepat udara naik keatas dan suhu ruangan anda akan semakin rendah.

Jika tinggi rumah sudah terpenuhi, pasanglah plafon di atap ruangan. Plafon dengan design yang menarik sebenarnya memiliki fungsi utama yaitu agar ada celah antara ruangan anda dengan langit2 ruangan. celah tersebut berguna untuk menagkap udara yang panas sehingga ada perbedaan udara antara ruangan dengan celah.  Coba kita perhatikan saja jika terjadi kebakaran, tentu saja angin menjadi kencang, itu adalah efek dari udara yang bergerak ke tempat yang lebih panas.

Demikianlah 3 cara agar rumah ruko menjadi dingin tanpa AC, semoga ini dapat bermanfaat bagi anda. Anda bisa memilih salah satu cara diatas sesuai kondisi rumah dan kantong anda. 
 
 
 
sumber : renovasirumahmedan.blogspot.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

komentar adalah bagian dari iman