Senin, 30 Maret 2015

Cara sederhana kamar sejuk tanpa AC

Berikut kami akan berbagi tips sederhana yang mungkin kalian gak "ngeh"kan untuk mengakali penggunaan AC untuk mempersejuk kamar Anda. Bayangkan kalau Anda selalu menggunakan AC maka biaya yang dikeluarkan tiap bulannya akan mencekik. Nah berikut ada beberapa tips yang bisa dicoba:

1. Benerin make kipas angin.
Setiap rumah yang ber-AC atau tidak ber-AC sekalipun pasti memiliki alat yang satu ini . Tapi kayaknya banyak yang belum ngerti cara pakai yang baik dan benar . Yang Anda lakukan pasti langsung mengarahkan kipas ke tubuh , padahal itu hanya untuk Mendinginkan Sesaat , kemudian panas lagi . Cara yang benar adalah dengan menyetel Kipas ke Mode Swing / Putar dan arahkanlah ke dinding yang berlawanan dengan anda. itu akan membuat siruklasi udara lebih baik dan udara dingin dari Kipas itu akan terus berputar di kamar anda . Jauh Lebih Murah dari AC kan ?


2. Ubah warna cat kamar Anda menjadi warna sejuk.
Memang secara langsung tips ini tidak mempengaruhi tapi menggunakan warna sejuk seperti warna putih, hijau muda, biru muda dan ungu akan terkesan memberikan nuansa tenang dan sejuk bagi penghuninya. Coba nanti kita terapkan.



3. Membuat ventilasi silang.
Ventilasi silang maksudnya posisi ventilasi saling berhadapan sehingga aliran angin tidak mengendap dulu didalam ruangan. Jika ruangan Anda memang awalnya sudah tidak isi ventilasi bisa dipasang Exshaus Fan, simple daripada membobok tembok untuk membuat ventilasi baru.



4. Minimalkan barang-barang dikamar Anda.
Yang keempat ini selain berguna untuk menyejukkan kamar anda , juga SANGAT berguna untuk kesehatan anda . Kenapa? karena semakin banyak barang anda , maka semakin banyak pula debu yang menumpuk dan semakin mencemari kamar anda . Polusi udara banget kan ? makanya kurangi barang-barang tidak penting dan bisa dimasukkan ke gudang . Lebih Bagus lagi jika anda tidak memasukkan Peralatan Elektronik apapun ke dalam kamar anda karena semua peralatan elektronik memancarkan energi panas


5. Seringlah matiin lampu kamar.
Mengenai ini , sudah banyak orang-orang 'pintar' yang bilang karena lampu terus mengeluarkan panas maupun cahaya. Matikan Lampu Di setiap kesempatan misalnya kalau anda sedang tidak di kamar , atau saat mau tidur . 


Ada 1 tips lagi buat anda yang hanya menggunakan Kamar sebagai Tempat Tidur (bukan membaca atau aktivitas yang membutuhkan cahaya) , pakailah lampu meja saja yang tidak terlalu terang . selain panasnya tidak terlalu banyak , anda juga lebih cepat terlelap karena nuansanya klasik dan redup.

 

Mungkin beberapa dari Anda nggak "ngeh" kan dengan cara diatas, tapi secara teori tips diatas bisa dipake dan diterapkan di ruangan Anda. Semoga bermanfaat.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

komentar adalah bagian dari iman