Jumat, 20 Februari 2015

Menghitung kebutuhan cat tembok

Pada kesempatan ini kami akan berbagi info tentang bagaimana cara menghitung berapa banyak cat yang dipakai jika Anda ingin mengecat sendiri dinding atau plafond rumah Anda. Sebenarnya hitungannya sederhana saja dan kuncinya sudah ada pada kaleng cat tersebut. Tapi sebagai gambaran mari saya jelaskan.
Cat Dengan Kuas Aplikasi Untuk Nat
Misal Anda punya kamar ukuran 3 x 4 m dan tingginya 3 m. Maka luas dinding yang di cat adalah keliling x tinggi L = (2 x (3 + 4)) x 3) = 42 m2.

Sekarang kita lihat daya sebar cat yang Anda beli, saya ambil contoh cat Merk Vinilex seperti gambar memiliki daya sebar 10-12 m2 per kg. Itu artinya 1 kg cat tersebut mampu menyebar seluas rata-rata 11 m2 tapi ini ingat cuma satu lapis sedangkan kalau cat tembok biar bagus itu perlu 3 (tiga) lapis. Jadi daya sebarnya kita bagi lagi yakni 11 : 3 = 3.67 m2 /kg finish. Nilai 3.67 m2 /kg kita sebut luasan per kg.

Sekarang kita hitung kebutuhan catnya.
Kebutuhan Cat = Luas Dinding : Luasan per kg 
= 42 m2 : 3.67 kg/m2 
= 11.44 kg
Bonus biar segerrr
Jadi untuk mengecat dinding kamar Anda tersebut, Anda membutuhkan 11,44 Kg Cat. Bagaimana dengan belinya? Perlu dicatat bahwa ukuran kaleng cat itu ada 1 kg, ada 1 galon yang isinya 5 kg, ada 1 pail yang isinya 25 kg. Nah sekarang hematnya bagaimana? Kalau kebutuhannya 11.44 kg maka mending beli 3 galon cat. Karena kalo memakai hitungan 1 kg akan beli banyak dan lebih mahal. Kalau beli 2 galon dan 2 kg juga bisa tapi antisipasi kalau suatusaat perlu biar tidak beli lagi. Menurut hemat saya mending beli 3 galon hehehe.

Cara menghitung luas dinding yang akan di cat di atas masih kasar, karena belum dikurangi dengan lubang pada dinding seperti : pintu, jendela, lubang angin dsb. Sekian dulu informasi ini semoga ini bisa bermanfaat.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

komentar adalah bagian dari iman