Selasa, 17 Februari 2015

Cara singkat membuat garis dinding di AutoCad

Kali ini kami akan berbagi tips mengenai Garis Dinding di program menggambar AutoCad. Dimana kalau digambar secara manual yakni dengan menggunakan tool "Offset" maka akan sangat lama. nah berikut ada cara cepatnya dengan tool Multiline Style dengan langkah-langkah yang sangat simple. Multiline Style berfungsi untuk membuat garis dinding pada gambar denah arsitektur pada Autocad. 

Dalam penggambaran detail maka garis dinding terdiri dari pasangan bata dan pasangan plesteran dinding, sehingga jika digambar akan terdiri dari 4 garis. Untuk dinding dengan pasangan setengah bata maka tebal dinding sekitar 12 cm, jika ditambah plesteran kiri dan kanan dengan tebal masing-masing 1,5 cm maka tebal dinding termasuk plesteran adalah sekitar 15 cm. 

Berikut langkah-langkahnya : 
1. Klik Format, Mutiline Style, maka akan muncul dialog box (gambar 1). Pada kondisi awal sudah setingan multiline standart yang terdiri dari 2 garis saja, untuk membuat baru klik new, misal kita beri nama dinding tembok lalu tekan continue, maka akan muncul dialog box (gambar 2). 
Gambar 1
2. Kemudian pada tab elements klik add 2 kali sehingga terbentuk 4 layer garis. Kita ubah offset masing-masing layer, sesuai dengan multiline yang akan kita buat (catatan : satuan dalam meter). Berturut-turut dari layer paling atas kita ubah nilai offset : 0.075 tekan tab, ketik 0.06 tekan tab, ketik – 0.06 tekan tab, ketik – 0.075 tekan enter. Lalu tekan OK, jangan lupa pada pada multiline styles klik style dinding lalu klik set current lalu tekan OK. Nah selanjutnya tinggal digunakan saja. 
Gambar 2
3. Untuk menggunakan fungsi ini, klik Draw, Multiline Style. Kemudian ketik "J" terus enter lalu ketik "Z" terus enter lagi kemudian klik dimana titik mulai Anda menggambar sampai klik titik akhir Anda menggambar lalu tekan Enter/Esc. Maksud mengetik "J" dan "Z" itu adalah menentukan posisi titik as dari gambar tembok, Z = Zero (pas ditengah-tengah). 

4. Selanjutnya Anda tinggal memanggil dari Draw trus Multiline Style. Atau cara singkatnya lagi, ketik "ML" lalu enter. Jadi dehhh 

Jadi Deh
Terakhir, mungkin para senior sudah banyak tau cara ini tapi saya tau rasanya dulu saat tidak tahu hehehe. Semoga bermanfaat sob.

Sumber : praktek sendiri dan disini
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

komentar adalah bagian dari iman